Doa Untuk Rahimahullah

By | December 15, 2021

Doa Untuk Rahimahullah. Bolehkah berdoa “rahimahullah” untuk seorang muslim yang masih hidup? Rahimahullah dalam bahasa arab termasuk khabar namun bermakna doa, yaitu ‘semoga allah memberikan rahmat kepadanya’.

APAKAH DOA RADHIYALLAHU ANHU KHUSUS UNTUK SAHABAT?
APAKAH DOA RADHIYALLAHU ANHU KHUSUS UNTUK SAHABAT? from nasihatsahabat.com

Namun kebiasaan istilah yang berlaku di kalangan ulama adalah doa mohon keridhoan hanya untuk shahabat saja. Kitab ini adalah kumpulan doa disertai dzikir pagi dan sore hari. Dalam kamus besar bahasa indonesia disebutkan makna almarhum:

[1] Rahima (رحم) Merupakan Fi’il Ma’lum (Kata Kerja Aktif).

Demikianlah penggunaan istilah para ulama namun. Dalil hadist untuk memperbanyak istighfar dan taubat beruntunglah orang yang banyak istighfar nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istighfar yang banyak. Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan apa saja bacaan doa ruku dan sujud yang dilansir dari rumaysho.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Disebutkan Makna Almarhum:

Rahimahullah berarti semoga allah merahmatinya . Yang dirahmati allah, sebutan kepada orang islam yang telah meninggal. Kitab ini adalah kumpulan doa disertai dzikir pagi dan sore hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Disebutkan Makna Almarhum Adalah Yang Dirahmati Allah, Yakni Sebutan Kepada Orang Islam Yang Telah Meninggal.

Ini adalah doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta keturunan, terutama keturunan yang saleh/salehah. Kalau untuk perempuan, tunggal, bunyinya menjadi ra h imahallâh. Untuk orang banyak, jamak, ungkapannya menjadi ra h imahumullâh.

Doa Sebelum Belajar Kedua Yang Singkat Ini Di Peruntukan Untuk Belajar Ilmu Agama, Sebagaimana Perkataan Dari Ibnu Hajar Rahimahullah:

Salah satu dalilnya dari aisyah radhiyallahu'anha, rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Ungkapan ini biasa disebut di belakang nama orang (ulama. Penting untuk diperhatikan bahwa baik yang gelar atau sebutan rahimahullah dan almarhum itu penggunaannya yang tepat ialah khusus untuk orang muslim yang telah meninggal dunia.

Biasanya Ditujukan Untuk Seorang Muslim Yang Telah Wafat Dan Semasa Hidupnya Yang Bersangkutan Dikenal Memiliki Jalan Yang Lurus.

Hal ini secara jelas menggambarkan peri pentingnya ibadah doa, sehingga menjadi suatu arahan dan tuntutan kepada seseorang hamba untuk melakukannya. Namun kebiasaan istilah yang berlaku di kalangan ulama adalah doa mohon keridhoan hanya untuk shahabat saja. Melansir dari laman islamepedia, rangkaian doa ini disebut isinya sangat bagus dan termaktub dalam rangkaian wirid al ma’tsurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *